Selamat Datang Di Website Resmi Pemerintah Desa Gelangsar Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat

Artikel

MENCOBA GEBRAKAN BARU, TANAM ANGGUR SAAT PANDEMI

01 Oktober 2021 11:38:47  Pemerintah Desa Gelangsar  439 Kali Dibaca  Berita Desa

Dalam pelaksanaan pertemuan program " Bangga Kencana" kemaren, program untuk penggerakkan dan pembangunan keluarga dikampung KB Desa Gelangsar. UPT PPKB kecamatan Gunungsari memfokuskan kegiatan tersebut dalam pertemuan pokja, membahas tentang mekanisme operasionallini lapangan dan ketahanan keluarga berbasih POKTAN.

Kelompok Tani ( Poktan ) merupakan salah satu mitra dari berbagai elemen yang mempunyai kepentingan untuk mencapai tujuan dalam menghadapi daya saing ekonomi nasional maupun global. Kondisi kelompok tani saat ini perlu pembinaan dan pendampingan dalam mejawab tantangan perubahan jaman. 

Pembinaan kelompok tani diarahkan pada peningkatan kemampuan melaksanakn fungsinya, peningkatan kemampuan para anggota dalam mengembangkan agribisnis, penguatan poktan menjadi lebih tangguh, kuat dan mandiri.

Akan tetapi seringkali ada permasalahan yang muncul dalam kelembagaan petani diantaranya adalah masih rendahnya kualitas dalam mengelola usaha tani secara efisien, redahnya kemampuan dalam menjalin kerjasama dengan pelaku agribisnis dan kelembagaan ekonomi pedesaan lainnya, masih lemahnya kapasitas kelembagaan petani dan kelembagaan ekonomi petani ( belum berbadan hukum ), masih terbatasnya  akses petan terhadap unsur pembiayaan/permodalan dan pemasaran serta masih terbatasnya akses petani terhadap iptek dan informasi.

Semoga dengan adanya support dan pembinaan dari stakeholder terkait, kelompok tani yang ada di Desa Glangsar ini kita mampu menghadapi semua permasalahan yang ada dengan cara menjadi kelompok tani yang tangguh yaitu melalui pemberdayaan kelompok. Target yang harus dicapai adalah pemberdayaan kelembagaan kelompok tani dengan mengembangkan potensi yang ada dalam individu  menjadi kekuatan didalam kelompok sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pemberdayaan dan pengembangan SDM adalah kunci pentig dalam meraih mutu suatu kelompok tani.

Pemberdayaan atau empowerment merupakan proses membangun dedikasi dan komitmen yang tinggi sehingga kelompok tani bisa menjadi sangat efektif dalam mencapai tujuan-tujuannya secara berkualitas. Pada dasarnya pemberdayaan adalah cara untuk melaksanakan kerjasama dalam poktan sehingga semua orang berpartisipasi penuh. dalam kkelompok tani yang sudah diberdayakan para oengurus dan anggota merasa bertanggung jawab tidak hanya tentang pekerjaan yang dikerjakannya, tetapi juga tentang keseluruhan kelompok taninya agar dapat berfungsi dengan lebih baik.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Perangkat Desa Gelangsar

 Peta Dusun

http://picasion.com/

 Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

 Agenda

Belum ada agenda

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan Raya Gelangsar
Desa : Gelangsar
Kecamatan : Gunungsari
Kabupaten : Lombok Barat
Kodepos : 83351
Telepon :
Email : info@gelangsar.desa.id

 Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 7.344 Kali
Profil Desa Gelangsar
22 Agustus 2016 | 6.975 Kali
Struktur Pemerintah Desa Gelangsar
30 April 2014 | 6.812 Kali
Sejarah Desa Gelangsar
11 Agustus 2016 | 6.645 Kali
Kontak Desa
01 April 2013 | 6.496 Kali
Visi Misi
19 Agustus 2016 | 6.435 Kali
Struktur LPM
22 Agustus 2016 | 6.396 Kali
Struktur TP-PKK Desa Gelangsar

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:380
    Kemarin:337
    Total Pengunjung:617.872
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.212.96.86
    Browser:Tidak ditemukan

 Negara Pengunjung

Flag Counter

 Profil Visual Desa Gelangsar