Selamat Datang Di Website Resmi Pemerintah Desa Gelangsar Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat

Artikel

Sejarah Desa Gelangsar

30 April 2014 18:20:39  Pemerintah Desa Gelangsar  7.007 Kali Dibaca 

1 . ASAL MULA DESA GELANGSAR

Desa Gelangsar merupakan salah satu desa dari 16 (enam belas)  Desa yang ada di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat, merupakan desa terpencil yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lombok Utara (KLU) dengan luas  1900  Ha. Atau 6 Km2, yang terdiri dari 6 (Enam) dusun.
Desa Gelangsar merupakan salah satu desa pemekaran dari Desa Mambalan. Berdiri pada tahun 2010 berdasarkan SK Bupati Lombok Barat No. 806/22/BPMPD/2010 tentang pembentukan desa Gelangsar kecamatan Gunungsari kabupaten Lombok Barat dan SK Bupati No. 866/38/BPMPD/2010 tentang penunjukan penjabat kepala desa persiapan Gelangsar.
Dan juga Desa Gelangsar menjadi Desa Depinitif pada tanggal 2 Nopember 2011.Dengan demikian maka hak dan kewajiban Desa Gelangsar tidak ada bedanya dengan desa-desa lain di kabupaten Lombok Barat.
     Nama Gelangsar diambil dari bahasa Sasak  yang berasal dari kata  “GELANG“ yang berarti  “ BENDA YANG MELINGKAR  “  yang melambangkan adat kesatuan dan persatuan masyarakat pada jaman terdahulu. Konon ceritanya gelang dapat menyembuhkan penyakit   dan kata SAR  yang asal kata dari Kata “ GANGSAR “  Yang berarti bekerja dengan cepat atau cekatan. Jadi secara loghah bahasa kata GELANGSAR berarti pada jaman terdahulu memiliki makna persatuan yang sangat kuat bagaikan sebuah gelang ,disamping itu masyarakatnya sangat giat dalam segala kegiatan sosial kemasyarakatan .
Dalam sejarah terbentuknya Desa Gelangsar dapat dilihat dari segi namanya, sehingga Desa Gelangsar ini diberi nama dengan nama Desa Gelangsar. Secara Etimologi GELANGSAR dapat dibagi menjadi dua kata yaitu GELANG dan SAR, Gelang yang artinya adalah gelang/benda yang melingkar, karena pada pada tahun 1880-an  orang-orang yang bertempat tinggal di desa tersebut selalu memakai gelang, baik itu gelang kaki maupun gelang tangan dan manfaat dari gelang tersebut bisa digunakan untuk permainan dan gelang tersebut berbahankan perak putih dan bagi kalangan yang berada (kaya) pada zaman tersebut gelang tangan dan kakinya yang berbahankan emas, kemudian konon katanya gelang tersebut bisa dijadikan obat penyembuh ketika mengalami sakit di  tangan atau di kaki maupun bagian mana saja yang terkena sakit hendaknya mereka memasangkan gelang tersebut sehingga orang yang sakit tersebut bisa sembuh dan pulih kembali, kemudian kata SAR yang artinya bertindak dengan cepat, tepat, dan cermat. Maksudnya ketika masyarakat bekerja mereka selalu cepat, tepat, dan cermat sehingga tidak membuang-buang waktu yang tidak jelas, begitu juga dalam hal permainannya yang dilakukan oleh anak-anak selalu bertindak cepat, tepat dan cermat supaya tidak kalah dalam permainan gelang tersebut.
- Pengertian Gelangsar berdasarkan Epistemologinya yaitu suatu bentuk gelang yang biasa digunakan oleh orang-orang pada zaman dahulu diiringi dengan sikap kerja kerasnya yang cepat, tepat dan cermat,baik dalam bekerja sebagai petani, berkebun, berdagang, dan lain-lain yang beragam dari profesi yang diijalankanya. Desa Gelangsar ini merupakan pemekaran dari Desa Mambalan yang pemekarannya terbentuk pada tahun 2010 bulan Mei. Desa Gelangsar terdiri dari enam dusun yaitu Dusun Gelangsar, Gelangsar Timur, lilir Utara, Apit Aiq, Songoran dan Gertipak. 
 
 
 
2. ARTI LAMBANG DESA GELANGSAR.
a.  Latar belakang lambang berwarna ;
-          Sebelah kanan warna hijau berarti subur.
-          Artinya Desa Gelangsar  mempunyai  tanah yang subur baik untuk pertanian maupun perkebunan
-          Sebelah kiri warna Biru berarti Damai
-          Artinya masyarakat  Desa Gelangsar selalu berusaha untuk  dapat hidup dalam kedamain dan  ketentraman
-          Warna kuning berarti cerah Artinya    masyarakat Desa Gelangsar tanaman padinya telah menguning
 
b. Bulan Bintang berarti  masyarakatnya mayoritas muslim
c. Padi dan Kapas berarti Kemakmuran  dan  Kesejahteraan sebagai cita-cita masyarakat Desa Gelangsar
d. Gunungan  bermakna Desa Gelangsar  berada  di daerah kawasan hutan lindung yang melindungi masyarakatnya dari bencana alam dan sumber mata air
Mutto Desa Gelangsar adalah:
-          GELENG: cepat, gesit, cekatan,bermakna  masyarakat Desa Gelangsar cepat   dengan penuh pertimbangan.
-           GALANG yang berarti Cerah, Benah, terang benderang, bermakna penuh wawasan
-          GEMILANG berarti , cemerlang dalam bertindak dan berpikir, serta berhasil  sukses.
Dalam bahasa Filosofisnya motto : GELENG, GALANG, GEMILANG dapat diartikan sebagai berikut : Gesit dalam bertindak, cemerlang dalam berpikir, berkehidupan sosial keagamaan dengan penuh keakraban untuk mencapai sebuah kesuksesan.
RobertMow
20 Januari 2017 18:15:55
The best fitness tip for building up your arms is to work opposite muscles in opposite sets of each other. The best example would be to work the triceps and then the biceps. Each has the opportunity to rest while the other is being worked. This minimizes your time and maximizes your workout. https://www.acheterviagrafr24.com/

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Perangkat Desa Gelangsar

 Peta Dusun

http://picasion.com/

 Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

 Agenda

Belum ada agenda

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jalan Raya Gelangsar
Desa : Gelangsar
Kecamatan : Gunungsari
Kabupaten : Lombok Barat
Kodepos : 83351
Telepon :
Email : info@gelangsar.desa.id

 Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 7.658 Kali
Profil Desa Gelangsar
22 Agustus 2016 | 7.164 Kali
Struktur Pemerintah Desa Gelangsar
30 April 2014 | 7.007 Kali
Sejarah Desa Gelangsar
11 Agustus 2016 | 6.819 Kali
Kontak Desa
01 April 2013 | 6.632 Kali
Visi Misi
19 Agustus 2016 | 6.539 Kali
Struktur LPM
22 Agustus 2016 | 6.502 Kali
Struktur TP-PKK Desa Gelangsar

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:217
    Kemarin:383
    Total Pengunjung:664.015
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.204.99.5
    Browser:Tidak ditemukan

 Negara Pengunjung

Flag Counter

 Profil Visual Desa Gelangsar